Resep Cara Membuat Sarikaya Gula Merah Manis Santan

Resep Cara Membuat Sarikaya Gula Merah Manis Santan


Sarikaya Gula Merah buat besok sarapan  pagi yang simple praktis tapi enak, manis, gurih, manis yum yummi karena menggunakan santan. Srikaya aslinya memang nggak kayak bolu yang mengembang tapi punya saya bisa mengembang jadi kaya puding lembut-lembut gitu dan biarpun pakai telor tapi nggak amis. Yuk coba resepnya bunda nur ayu rahmawati biar bisa bikin kalau ada acara-acara.

Hasil gambar untuk sarikaya gula merah

Resep Sarikaya Gula Merah



  • Gula merah 150-200 gr aku pakai 150 gr karena gula arenku manis banget jadi bisa disesuaikan dengan selera kita
  • Santan 600 ml aku pakai kara 65 ml x 4 buah sisanya
  • air biasa, pokonya jadi ukurannya 600 ml
  • Garam 1/4 sdt
  • Daun pandan 2 lembar diikat
  • Susu bubuk 4 sdm
  • Maizena 6 sdm
  • Telor 4 butir
  • Vanili bubuk 1/4 sdt
  • untuk hiasan dan tambah wangi pakai lagi daun pandan 1 lembar

Cara Membuat Sarikaya Gula Merah

  1. Bahan 1,2,3,4,5 dicampur dimasak sampai mendidih, diamkan hangat.
  2. Bahan 7,8 diaduk rata dan campur dengan bahan no. 6 aduk lagi sampai rata tak bergerindil lalu masukkan adonan santan tadi, aduk lagi.
  3. Kemudian kukus 5 menit taruh atasnya dengan daun pandan yang sudah dipotong-potong untuk hiasan juga bikin tambah wangi, kukus lagi sampai dengan 10 menit.
  4. Dimasukin kulkas jadi dingin pun sedap atau ditemenin ketan putih yang gurih pun enak bunda. Semoga bermanfaat ya.
Hasil gambar untuk cetakan talam
Saya pakai cetakan talam supaya nggak usah potong-potong lagi sekali hap. Ada juga yang pakai cetakan pie susu yang almuniumpun jadi cantik bunda atau pakai cetakan agar-agar. Yang punya cetakan talam bisa gampang copot dari cetakan padahal katanya kalau kue dikukusan itu biasa cetakan dioles minyak tadi aku nggak dioles tapi ini kan pakai santan jadi alami licin gitu bunda.
Coba Juga: ==> Resep Cara membuat sambal terasi khas sunda
Susu bubuk nggak dipakai juga tidak apa-apa, saya pakai susu bubuk karena santanku aku pakai kara dan cuma ada 4 buah buah masing-masing 65 ml selebihnya air biasa. Takutnya kurang gurih jadi saya tambahi susu bubuk bunda. Kalau pakai susu kental manis takutnya kemanisan nah kurangi saja gulanya lagi jadi kemanisannya bisa bunda atur sesuai selera.

semoga berhasil ya:)
by(sym)

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda